Laman

Sabtu, 26 Mei 2018

Facebook Bikin Arsip Iklan Politik

Facebook Bikin Arsip Iklan Politik

INILAHCOM, San Francisco - Facebook Inc meluncurkan arsip untuk iklan politik AS yang muncul di platform jejaring sosial mereka. Langkah ini mereka ambil setelah dugaan campur tangan Rusia pada Pemilihan Presiden AS 2016.

Iklan yang berkaitan dengan pemilihan umum atau isu politik di Facebook dan Instagram akan diberi label, kata Rob Leathern, Direktur Manajemen Produk Iklan Facebook, seperti dikutip Reuters.

Jika label tersebut diklik, pengguna akan masuk ke arsip yang memberikan informasi seperti dana kampanye, berapa orang yang melihat iklan serta data demografi seperti usia, lokasi dan jenis kelamin.

"Kami yakin meningkatkan keterbukaan akan berakibat pada akuntabilitas dan tanggung jawab, bukan cuma untuk Facebook, tapi, juga pengiklan," ujar Leathern.

Perangkat ini juga akan digulirkan ke negara lain secara bertahap dalam waktu dekat.

Facebook, yang memiliki pengguna aktif bulanan sejumlah 2,2 miliar, pada sidang kongres bulan lalu menyatakan ingin meningkatkan peran mereka terhadap transparansi di iklan politik.

Layanan digital seperti Facebook, Twitter, dan YouTube mendapat protes keras karena kemampuan mereka menyasar calon pemilih berkat target iklan yang lebih murah dibandingkan dengan iklan di televisi.

Google dan Twitter juga akan menyiapkan database iklan politik seperti Facebook.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar