Laman

Minggu, 01 April 2018

Toyota-Suzuki Sepakat Saling Produksi Kendaraan

Toyota-Suzuki Sepakat Saling Produksi Kendaraan

INILAHCOM, New Delhi - Toyota Motor Corp dan Suzuki Motor Corp sepakat berbagi model kendaraan dan saling memproduksi mobil di India. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya Toyota meningkatkan market share di negara dengan pasar mobil terbesar kelima di dunia itu.

Mengutip Reuters, Suzuki nantinya akan memasok kendaraan bermesin bensin dan hybrid Baleno Hatchback serta SUV kompak Vitara Brezza ke Toyota. Sedangkan Toyota akan memproduksi Corolla hybrid untuk Suzuki, menurut pengumuman perusahaan itu.

Analis menyebut langkah itu akan membantu Toyota untuk memperluas kehadiran mereka di India sekaligus meningkatkan penjualan.

"Dengan menjual kembali Baleno dan Vitara yang sedikit berubah, Toyota dapat meningkatkan jaringan distribusinya dan bergerak lebih ke arah perluasan pangsa pasar," kata Janet Lewis, kepala penelitian transportasi Asia dari Macquarie Securities.

Proses manufaktur di India rencananya akan dimulai pada pertengahan 2019.

Berdasarkan kesepakatan itu, kendaraan yang dibuat Suzuki akan diganti namanya menjadi mobil Toyota, sedangkan kendaraan Toyota akan menggunakan brand Suzuki.

Seorang juru bicara Toyota menolak untuk memberikan rincian tentang angka produksi, sementara Nikkei melaporkan bahwa Toyota akan memasok sekitar 10.000 kendaraan ke Suzuki, sementara Suzuki akan memproduksi hingga 50.000 unit per tahun untuk Toyota.

Kemitraan yang semakin mendalam antara kedua produsen mobil membuka peluang Suzuki menggunakan pusat riset dan pengembangan (R&D) milik Toyota untuk mengembangkan kendaraan dengan emisi rendah dan mobil swakemudi.

Kedua perusahaan otomotif asal Jepang itu juga berencana untuk memperkenalkan mobil listrik di India pada tahun 2020 mendatang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar