Laman

Senin, 12 Maret 2018

Ransomware Juga Bisa Digunakan untuk Serang Robot

Ransomware Juga Bisa Digunakan untuk Serang Robot

INILAHCOM, New York - Sebuah program jahat yang menginfeksi perangkat dan meminta pengguna untuk memberi uang sebagai tebusan, tak hanya mengancam komputer dan perangkat mobile. Kini, ransomware itu juga bisa menargetkan robot.

Para peneliti di perusahaan keamanan IOActive telah sukses menyerang robot humanoid buatan SoftBank Robotics, NAO, dengan menggunakan ransomware.

NAO dan robot Pepper didesain untuk digunakan di sekolah dan perusahaan. Keduanya dilengkapi dengan kamera dan mikrofon. Biasanya, robot-robot ini digunakan di ruang kelas, toko atau kantor untuk membantu ptamu yang datang, demikian lapor CNN.

Setelah menyelipkan ransomware ke robot, para peneliti bisa membuat robot itu meminta tebusan Bitcoin. Para peneliti juga bisa mengubah sistem robot dan tingkah lakunya, membuat robot tersebut menyampaikan ancaman pada pemiliknya.

Para peneliti juga menyebutkan bahwa serangan ini bisa digunakan untuk mencuri data yang tersimpan pada robot, membuat robot mengucapkan kata-kata kasar atau menampilkan konten kontroversial seperti pornografi jika robot itu memang dilengkapi dengan layar.

"Ransomware yang menyerang robot adalah ancaman yang nyata dengan potensi kerugian ekonomi yang besar untuk para pelaku bisnis --ransomware ini bahkan lebih berbahaya dari ransomware biasa," tulis para peneliti dalam laporan yang mereka publikasikan pada akhir pekan kemarin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar