INILAHCOM, Jakarta – Platform e-commerce Shopee meluncurkan Kreasi Nusantara sebagai dukungan bagi talenta dan produk-produk lokal asli Indonesia.
Kreasi Nusantara adalah sebuah program yang didedikasikan untuk memamerkan rangkaian produk lokal Indonesia lintas kategori, seperti fesyen, makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi.
Program ini sejalan dengan visi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia, dan untuk menggerakan kemandirian digital UMKM sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi nasional.
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa perkembangan ekonomi digital di Indonesia memiliki potensi yang terus meningkat, salah satunya e-commerce yang merupakan produk ekonomi digital paling berkembang di Indonesia.
"Kami mendukung inisiatif Kreasi Nusantara yang diusung oleh Shopee yang tentunya akan memperkuat dan memberikan manfaat bagi pelaku usaha lokal di Indonesia," ujar Darmin di sela-sela acara peluncuran Kreasi Nusantara di Jakarta.
Sementara itu, CEO Shopee Chris Feng mengatakan bahwa pihaknya turut ambil bagian dalam mendukung pemerintah yang sangat fokus mengembangkan pasar ekonomi digital di Indonesia melalui kemandirian digital UMKM di Indonesia.
"Shopee meluncurkan Kreasi Nusantara untuk memberikan wadah bagi UMKM menjangkau basis pasar yang lebih luas dan memasarkan produk karya mereka, dimana secara bersamaan juga memberikan ragam pilihan produk unik asli Indonesia bagi para pengguna di 515 kota dan kabupaten di Indonesia," ucapnya.
Inisiatif ini turut disambut baik oleh Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Herustiati. Menurut dia, Kementerian Koperasi dan UKM sangat menyambut positif peluncuran Kreasi Nusantara dari Shopee guna memajukan produk lokal melalui platform online.
"Sampai saat ini, sudah tercatat lebih dari 3,79 juta pelaku UKM yang memanfaatkan teknologi digital seperti e-commerce termasuk Shopee, sehingga besar harapan kami para pelaku UKM mampu memaksimalkan penggunaan platform Kreasi Nusantara untuk mengembangkan bisnisnya dengan tetap mempertahankan ciri khas budaya lokal," kata Herustiati.
Mulai 27 Februari 2018, lebih dari 25 juta pengguna Shopee serta masyarakat Indonesia dapat menemukan beragam produk hasil karya UMKM lokal di laman Kreasi Nusantara, termasuk fesyen, makanan dan minuman, perawatan dan kecantikan, aksesoris, perlengkapan rumah tangga, dekorasi, dan masih banyak lagi.
Setiap bulannya Shopee telah menyiapkan kampanye tematik dilengkapi fakta unik di balik pembuatan produk tersebut. Ditambah lagi, untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman, pengguna dapat memilih pilihan produk sesuai preferensi mereka dari klasifikasi kategori koleksi pilihan produk Kreasi Nusantara antara lain Gaya Etnik, Karya Lokal, dan Kudapan Asli Indonesia.
Sebagai bentuk komitmen yang berkelanjutan untuk mendukung kemajuan produk lokal, Shopee turut menggandeng Iwet Ramadhan melalui JKT Creative di program Kreasi Nusantara.
JKT Creative telah membuka toko di Shopee, yang diharapkan dapat menginspirasi dan menjadi titik awal lahirnya lebih banyak pelaku UMKM di Kreasi Nusantara.
Lebih jauh lagi, JKT Creative akan berkolaborasi untuk mendesain batik eksklusif Shopee termasuk menjalankan kegiatan yang ditujukan bagi UMKM.
"JKT Creative memiliki misi untuk memajukan produk lokal melalui pemberdayaan masyarakat. Kami melihat Shopee juga memiliki misi yang sama untuk mengembangkan pelaku dan produk lokal melalui platform online. Kami berharap melalui Kreasi Nusantara, semakin banyak masyarakat Indonesia memilih dan dengan bangga menggunakan produk lokal Indonesia," ungkap Iwet Ramadhan, Co-Founder JKT Creative.
Sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, Shopee mengaku merasa bertanggung jawab untuk ambil bagian dalam mendukung visi pemerintah.
"Diharapkan Kreasi Nusantara dapat memajukan produk lokal dan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi nasional," pungkas Chris Feng.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar