Laman

Selasa, 28 November 2017

Pengguna Drone di Inggris Wajib Miliki Lisensi

Pengguna Drone di Inggris Wajib Miliki Lisensi

INILAHCOM, London - Maraknya penggunaan drone akhir-akhir ini, membuat Pemerintah Inggris bersiap menerapkan kebijakan baru.

BBC melaporkan, Pemerintah Inggris sudah menyiapkan aturan bahwa setiap orang yang menerbangkan drone harus mengikuti ujian untuk mendapatkan lisensi.

Kebijakan yang akan berlaku mulai 2018 ini juga mengatur bahwa drone dengan bobot 250 gram dilarang beroperasi di dekat area bandara dan tidak boleh terbang melebihi ketinggian 400 kaki atau 121 meter.

Asosiasi Pilot Inggris (BALPA) menyebut kecelakaan antara drone dengan pesawat terbang jumlahnya semakin meningkat, meskipun belum benar-benar mengakibatkan kecelakaan yang parah.

Di 2015, ada 29 kecelakaan yang melibatkan drone dan pesawat terbang. Sedangkan di 2016 jumlahnya meningkat menjadi 71 kecelakaan. Adapun di tahun ini saja sudah terjadi 81 kecelakaan yang melibatkan drone dan pesawat terbang.

Tercatat pada Juli lalu, sebuah drone terbang mendekati pesawat yang akan mendarat di London Gatwick Airport dan membahayakan 130 jiwa penumpangnya.

Penerbang sekaligus pelatih pilot drone di HexCam, Elliott Corke, menuturkan regulasi tersebut sudah tepat. Drone dengan bobot lebih dari 250 gram bukan tergolong drone murah, dan dia khawatir penggunaannya bisa untuk tindakan kriminal.

Di beberapa negara, termasuk Inggris, penggunaan drone disalahgunakan untuk mengirim narkotika. Buruknya lagi, hal itu dilakukan untuk mengirimkan ke jendela penjara. Beberapa penjara di Inggris berhasil merekam peristiwa tersebut.

Banyak pihak di Inggris menyetujui regulasi yang memperketat penggunaan drone. Hal ini bisa membantu kepolisian bertindak dan mengambil keputusan ketika drone mulai membahayakan atau digunakan dengan tujuan kriminal.

Para pelaku industri drone pun merasa tidak keberatan dengan kebijakan tersebut. Head of European Public Policy DJI Christian Struwe beranggapan bahwa hal ini juga bisa memperkuat ekosistem industri drone yang baru beberapa tahun belakangan ini populer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar