Laman

Rabu, 27 September 2017

Lei Jun Beberkan Rahasia Xiaomi Bikin Produk Murah

Lei Jun Beberkan Rahasia Xiaomi Bikin Produk Murah

INILAHCOM, Jakarta - Harga terjangkau yang relatif lebih murah dibandingkan produk sekelas adalah salah satu daya tarik Xiaomi. Pabrikan asal China tersebut memang dikenal mampu menelurkan berbagai gadget dengan harga bersaing. Apa rahasianya?

"Kami punya hubungan erat dengan para pemasok hardware perangkat," ujar CEO Xiaomi Lei Jun saat berbicara di dalam acara 'Sharing with Xiaomi' di Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Maksud Lei Jun, posisi Xiaomi yang telah tumbuh jadi pabrikan besar memungkinkannya mendapat harga miring dari para pemasok komponen.

Xiaomi, menurut dia, adalah klien ketiga terbesar untuk produk-produk chipset bikinan Qualcomm. Namun, salah satu yang terpenting adalah dengan tidak langsung meraup profit terlalu cepat.

Lei Jun mengatakan bahwa smartphone Xiaomi tidak menghasilkan untung bagi perusahaan pada masa-masa awal kehadirannya di pasaran.  

Lama-kelamaan, produk yang sudah berada di pasar untuk beberapa waktu akan menjadi lebih murah untuk diproduksi. Margin pun meningkat.

Di satu titik, saat margin profit sudah dipandang terlalu tinggi, Xiaomi biasanya akan memangkas harga jual produk yang bersangkutan menjelang akhir siklus hidupnya di pasaran.

"Kami lakukan penurunan harga ini karena ingin tetap agresif," kata Lei Jun.  

Xiaomi sendiri tumbuh besar dengan menjual produk di level harga hanya sedikit lebih tinggi dibanding biaya produksi. Profit rendah diperoleh dengan menjual aneka jenis produk.

Strategi ini terbukti mampu menumbuhkan basis komunitas fans Xiaomi yang loyal terhadap brand.  

Tak cukup sampai di situ, Xiaomi juga memotong ongkos penyaluran produk dengan melakukan pemasaran online secara eksklusif selama periode tertentu. Margin peritel dan distributor pun bisa dihilangkan dari komponen biaya.

"Dengan mengambil untung 0 persen dari segi hardware, selanjutnya dalam 5 tahun pembentukan perusahaan kami mengeluarkan 0 persen profit. Kami juga potong 0 persen budget untuk marketing jadi kami mengejar bagian marketing dan iklan," papar Lei Jun.

Xiaomi memang kerap melakukan strategi flash sale secara online pada saat meluncurkan produk baru di sebuah wilayah pasar, termasuk Indonesia.

Yang terbaru, smartphone seri Mi A1 besutan perusahaan itu juga siap dijual mulai 2 Oktober di toko online Lazada dan akan tersedia di toko ritel pada 6 Oktober mendatang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar