Laman

Minggu, 03 September 2017

Kaum Nudis Bisa Bertelanjang di Taman Kota Paris

Kaum Nudis Bisa Bertelanjang di Taman Kota Paris

INILAHCOM, Paris - Mereka yang ingin bertelanjang tanpa sehelai benang di tengah kota, kini bisa datang ke Paris. Sebuah taman umum di ibu kota Prancis itu akan menyediakan area khusus bagi kaum nudis untuk bertelanjang.

"Ini merupakan bagian dari sikap terbuka kita tentang penggunaan ruang publik Paris," kata Penelope Komites, Wakil Wali Kota Paris yang bertanggung jawab atas pengelolaan taman, seperti dilansir BBC.

Kawasan seluas lapangan sepak bola yang terletak di Bois de Vincennes, Paris bagian timur tersebut akan dibuka sampai 15 Oktober sebagai bagian dari percobaan sementara.

Para pejabat berwenang mengatakan mereka tidak akan menolerir eksibisionisme (unjuk ketelanjangan untuk sekadar jadi perhatian) maupun voyeurisme (mengintip, dalam konteks ini, ketelanjangan orang lain). Mereka akan memasang plakat berisi ketentuan tentang 'perilaku yang pantas'.

Di kawasan sekitar akan dipasang berbagai rambu yang menginformasikan pengunjung tentang kawasan untuk nudis atau naturis. Kawasan ini akan dibuka antara pukul 08:00 hingga 19:30 di dekat taman burung di taman itu.

"Ini hal yang luar biasa menggembirakan. Langkah ini memberikan satu kebebasan lagi bagi kaum naturis," kata Julien Claude-Penegry dari Asosiasi Naturis Paris kepada kantor berita AFP.

"Hal ini menunjukkan bahwa kota ini memiliki pandangan yang luas, dan akan membantu mengubah sikap orang terhadap ketelanjangan, terhadap nilai-nilai kami dan rasa hormat kami terhadap alam," lanjutnya.

Ia memperkirakan bahwa ribuan orang akan memanfaatkan kawasan itu.

Mereka yang mendukung langkah tersebut mengatakan bahwa sebagai ibu kota sebuah negara yang memiliki banyak pantai dan kawasan liburan yang bebas dari pakaian, Paris juga harus menarik bagi para naturis --mereka yang memilih paham kehidupan alamiah berupa bertelanjang.

Tapi gagasan ini juga dihadapkan pada berbagai kritik. Saat pertama kali diumumkan tahun lalu, seorang politisi dari haluan tengah menyebutnya sebagai ide 'gila'.

Sebelum ini, warga Paris sudah memiliki sebuah kolam renang umum yang memberi fasilitas bagi kaum naturis untuk berenang telanjang tiga kali dalam sepekan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar