Laman

Minggu, 06 Agustus 2017

Hyperloop, Teknologi Transportasi Supercepat

Hyperloop, Teknologi Transportasi Supercepat

INILAHCOM, Jakarta - Hyperloop adalah sebuah konsep sistem transportasi massal kecepatan tinggi yang sedang dikembangkan. Seperti apa proses pengembangannya?

Beberapa video yang baru diunggah oleh saluran Hyperloop One di YouTube memperlihatkan seperti apa kemajuan pengembangan teknologi mutakhir tersebut.

Saat ini uji coba teknologi Hyperloop baru mencapai kecepatan 308 km/jam, dari rencana awal mereka yaitu 1.078 km/jam.

Hyperloop adalah konsep sistem transportasi berkecepatan tinggi yang diajukan oleh wiraswasta Elon Musk. Hyperloop bergerak dengan menciptakan tekanan rendah yang memungkinkan kapsul bergerak dengan kecepatan yang amat tinggi.

Garis besar konsep hyperloop diumumkan pada Agustus 2013, yang mencakup usulan rute dari Los Angeles ke San Fransisco.

Analisis awal menunjukkan bahwa rute tersebut dapat ditempuh dalam waktu 35 menit, yang berarti bahwa penumpang dapat menempuh jarak 560 km dengan rata-rata kecepatan 970 km/jam, dengan kecepatan penuh 1.200 km/jam

Perkiraan biaya awal untuk rute ini diperkirakan sebesar US$7,5 miliar — walaupun analis transportasi meragukan bahwa sistem ini dapat dibangun dengan biaya tersebut.

Teknologi Hyperloop telah dibuat open source oleh Musk dan SpaceX, dan publik diajak untuk mengambil gagasan tersebut dan mengembangkannya lebih lanjut. Untuk itu, beberapa perusahaan telah dibentuk, dan paling tidak sepuluh tim mahasiswa interdisipliner mencoba mewujudkan gagasan ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar