Laman

Selasa, 29 Agustus 2017

Bos XL Beberkan Alasan Lepas Saham Elevania

Bos XL Beberkan Alasan Lepas Saham Elevania

INILAHCOM, Jakarta - Operator seluler XL Axiata diketahui telah resmi meninggalkan bisnis e-commerce Indonesia dengan memutuskan untuk menjual seluruh saham yang mereka miliki di Elevenia.

Kompetisi yang ketat membuat XL memutuskan untuk hengkang dari industri e-commerce.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini menyampaikan, masuknya pemain raksasa di industri e-commerce Indonesia seperti Alibaba menjadi salah satu pertimbangan XL untuk menarik diri dari bisnis tersebut.

"Pendatang baru dari pemain besar yang didukung oleh investor raksasa telah menyebabkan kompetisi yang semakin keras dan jurang ketidakpastian yang semakin dalam terhadap tercapainya profitabilitas," jelas Dian di sela-sela peluncuran Gerakan Donasi Kuota, di Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Lebih lanjut ia menyebut bahwa XL sebenarnya masih berharap akan terus bermain di industri ini dan mendapatkan keuntungan. Namun berjalannya waktu, di tahun 2016 mulai datang pemain besar ke Indonesia, sehingga dunia e-commerce semakin padat dengan investasi dari luar yang besar. Sementara di bisnis e-commerce, yang besarlah yang bakalan menang.

Bila ingin tetap mempertahankan Elevenia, menurut Dian, XL harus menggelontorkan dana yang besar seperti yang dilakukan Alibaba kepada Lazada dan juga Tokopedia.

Di sisi lain, XL sebagai perusahaan telekomunikasi juga membutuhkan dana besar untuk membangun infrastruktur.

"Sebagai perusahaan telekomunikasi, XL bergerak di industri yang juga membutuhkan dana besar. Kami berpikir, XL tidak bisa punya dua bisnis yang sama-sama membutuhkan dana besar. Akhirnya kami mengambil keputusan untuk melepas Elevenia, kemudian dana yang dimiliki difokuskan ke bisnis telekomunikasi supaya lebih kuat," lanjut Dian.

Adapun dengan penjualan ini, XL akan lebih memfokuskan bisnisnya ke layanan telekomunikasi data.

Diketahui sebelumnya XL memiliki 50 persen saham kepemilikan di Elevenia, sama dengan yang dimiliki oleh SK Planet. Seperti XL, SK Planet juga telah menjual sahamnya di Elevenia. Seluruh saham Elevenia kini dimiliki oleh PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte, Ltd.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar