Laman

Rabu, 21 Juni 2017

Para Pemudik Motor Disarankan Perhatikan 5 Hal Ini

Para Pemudik Motor Disarankan Perhatikan 5 Hal Ini

INILAHCOM, Semarang - Mudik menjadi fenomena tersendiri di Indonesia, banyak dari masyarakat rela menempuh perjalanan jauh demi bertemu sanak keluarga pada Hari Raya Idul Fitri.

Tak sedikit pula dari mereka yang menggunakan sepeda motor sebagai pilihan kendaraan utamanya selagi melakukan perjalanan mudik.

Mudik menggunakan sepeda motor memang tidak dianjurkan, apalagi kalau harus menempuh perjalanan yang sangat jauh. Namun setiap tahunnya masih cukup banyak ditemukan pemudik yang menggunakan moda transportasi tersebut.

Bila memang tidak ada alternatif moda transportasi lain, pemudik yang menggunakan sepeda motor harus melakukan pengecekan menyeluruh pada sepeda motornya untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakan, terutama pengecekan terhadap empat bagian penting dari sepeda motor.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desianto menyampaikan, empat bagian penting dari sepeda motor yang harus mendapatkan perhatian khusus sebelum dipakai mudik adalah kesiapan fisik, roda, lampu-lampu, rem, dan mesin.

"Bada bagian roda, segera cek untuk kondisi ban, jari-jari atau velg, dan rantai atau belt yang menjadi penggerak roda. Pastikan ban memiliki alur pembuangan air yang baik, dan memiliki daya cengkram yang maksimal," papar Oke dalam siaran pers yang diterima INILAHCOM.

Selain roda, lampu-lampu juga harus dipastikan dalam kondisi baik. Karena menurut Oke, bagian ini merupakan komponen vital yang menjadi alat komunikasi pengendara dengan pengguna jalan lainnya. Selain itu, pastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik. Cek tebal dan kebersihan kampas rem.

"Terakhir, cek kondisi mesin sebagai alat penggerak motor. Pastikan oli dalam kondisi baik dan mesin memiliki tenaga yang maksimal," pesan Oke.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar