Laman

Sabtu, 22 April 2017

Tren Streaming Musik Berkah bagi Para Musisi

Tren Streaming Musik Berkah bagi Para Musisi

INILAHCOM, Batam - Internet dan teknologi digital tidak terpungkiri telah menggeser paradigma musik secara global, tak terkecuali industri musik Tanah Air.

Di Indonesia, teknologi ring back tone (RBT) atau nada pesan lagu sebagai alternatif distribusi musik awal 2000-an menjadi penanda pergeseran tersebut. Seiring itu, perlahan namun pasti cara pelaku industri berkarya dan cara masyarakat menikmati musik berubah total.

Orang-orang mulai meninggalkan CD, toko-toko musik fisik tutup, dan menjamurnya situs yang menawarkan sistem pembelian sekaligus pemutaran musik secara digital.

Hanya bermodal koneksi internet dan alat bayar elektronik, musik sudah bisa dinikmati. Di sisi lain, publikasi karya musik juga semakin mudah dengan adanya internet.

YouTube, Spotify, Joox, Langitmusik, dan kawan-kawannya memantik semangat orang-orang untuk berkarya, baik itu musisi lama maupun pendatang baru.

Vokalis Band Nidji, Giring Ganesha, melihat itu sebagai sesuatu yang membanggakan.

"Dari segi industri secara kreatif dan produktivitas itu kita lagi bagus-bagusnya sekarang. sekarang orang sudah banyak meninggalkan bajakan," ujarnya saat Meet and Greet jelang gelaran Biznet Festival Batam, Sabtu (22/4/2017) .

Dengan internet, menurut dia, telah membuat para pelaku musik menjadi mudah dan mendistribusikan musik menjadi lebih murah.

"Akan tetapi, bagaikan pisau bermata dua, teknologi digital dan internet juga punya kelemahan. Serba praktis, namun semakin kompetitif. Tantangannya adalah bagaimana bertahan hidup dan tetap eksis dalam industri musik yang bertambah sesak dan banjir karya," lanjut Giring,

Senada dengan Giring, vokalis Armada, Rizal Disandi, di kesempatan yang sama, juga mengungkapkan sisi positif dari  layanan musik digital yang kerap membantu pendapatan musisi.

"Misal saja dengan banyaknya lagu yang di-cover di setiap layanan semisal YouTube itu juga menambah pendapatan kami," ujar Rizal.

Bagaimana pun juga layanan streaming musik kini sudah menjadi sesuatu yang baru. Para musisi pun mendapatkan pemasukan yang besar dari kerja sama mereka dengan para penyedia layanan streaming musik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar