Laman

Sabtu, 22 April 2017

Menjajal Performa dan Kenyamanan New Honda City

Menjajal Performa dan Kenyamanan New Honda City

SETELAH resmi meluncurkan New Honda City pada pertengahan Maret lalu, Honda Prospect Motor (HPM) mengajak sejumlah jurnalis untuk mencicipi langsung kenyamanan dan performa mini sedan andalannya itu.

Bertempat di kawasan Alam Sutra, Tangerang, Kamis, 20 April 2017, selama kurang lebih dua jam, para jurnalis dipersilakan mengeksplorasi New Honda City yang kini tampil semakin agresif dan sporty.

Seperti apa hasilnya? Berikut ulasannya:

Eksterior dan Interior

Mengusung konsep 'Escalate the Game', New Honda City hadir dengan berbagai penyegaran pada sisi eksterior dan interiornya. Pada bagian eksterior, mobil ini punya desain baru yang semakin tajam dan dinamis pada bumper depan, grill depan, fog lamp, serta bumper belakang.

Lampu depan New Honda City kini juga menggunakan New Full LED Headlight yang semakin mewah dan dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL) untuk menambah keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Tampilan baru juga tampak pada desain Alloy Wheel 16-inch yang semakin sporty. Sementara Auto Retractable Door Mirror dengan LED Turning Signal melengkapi tampilan eksterior New Honda City yang semakin canggih. Untuk menampilkan kesan sporty dan mewah, Honda pun telah menyematkan Shark-Fin Antenna pada mobil ini.



Begitu duduk di balik kemudi, langsung terasa ruang yang lega serta mudahnya mengatur posisi berkendara berkat fitur telescopic-tilt steering yang menjadi salah satu keunggulannya. Pengemudi pun semakin nyaman saat duduk di atas jok semi-bucket berbahan fabric.

Menghidupkan mesin mobil juga sangat mudah karena mobil ini mengaplikasi fitur One Push Ignition System. Pengemudi cukup menekan tombol START/STOP sambil menginjak pedal rem secara bersamaan untuk New Honda City tipe E CVT yang INILAHCOM kendarai.

Tombol START/STOP pada mobil ini telah dilengkapi dengan lampu kedip yang mempermudah pengemudi untuk menemukan tombol saat keadaan gelap. Suara mesin pun yang begitu halus bahkan hampir tak terdengar.

Kemewahan interior juga terlihat dengan panel dashboard yang kini menggunakan warna baru Gun Metal Garnish. Panel meter cluster pun semakin modern dengan tampilan White Illumination baru. Di dalam meter cluster ini juga terdapat Multi Information LCD Display untuk menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara.



Sistem audio dengan monitor layar sentuh 6,1 inci yang terdapat pada model sebelumnya, kini digantikan oleh monitor 8 inci dengan konsep floating yang bisa memainkan multimedia dalam berbagai format, serta dapat dihubungkan dengan perangkat smartphone dengan platform iOS dan Android (dengan kabel opsional).

Pengaturan audio yang dilengkapi dengan delapan buah speaker ini juga dapat dilakukan dengan mudah melalui Audio Steering Switch yang berada di roda kemudi.

Tombol pengaturan AC menggunakan touchscreen di Honda City versi teranyar ini. Tombol ini dilengkapi pilihan Auto, yang mempercepat pendinginan disesuaikan suhu di luar mobil. Hadir pula Rear AC Ventilation dan Rear Armrest with Cup Holder untuk memberikan kenyamanan ekstra untuk penumpang belakang.

Untuk penyimpanan barang, New Honda City memberikan ruang kargo seluas 485 liter. Kursi belakang yang dapat dilipat dengan konfigurasi 60:40 membuat kabin New Honda City semakin fleksibel untuk berbagai kebutuhan.

Performa

New Honda City juga tetap mempertahankan keunggulannya dalam hal performa. Begitu tuas perseneling berpindah ke posisi 'D' dan pedal gas diinjak, mesin 1,5 liter SOHC i-VTEC berkekuatan 120 PS pada 6.600 rpm ini langsung menunjukkan performa yang mengesankan. Tarikan mobil ini pun bertambah responsif saat tuas persneling dipindah ke posisi 'S'.

Adanya fitur paddle-shift yang berada di balik lingkar kemudi memudahkan pengendara untuk mengatur posisi gigi yang diinginkan. Kesan sporty pun begitu terasa kala menggunakan fitur ini.

New Honda City juga memiliki fitur canggih untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dengan menawarkan Cruise Control. Fitur ini memungkinkan pengendalian dalam kecepatan konstan yang dapat diatur dengan tombol akselerasi dan deselerasi pada tombol di setir.

Transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) pada New Honda City telah mengaplikasikan 'Earth Dream Technology' yaitu pengembangan teknologi Honda dengan struktur transmisi terbaru dan bobot yang lebih ringan sehingga menghasilkan perpindahan gigi yang lebih halus, efisiensi dalam pemakaian bahan bakar, sekaligus performa mesin yang maksimal.

Mesin New Honda City juga dibekali dengan sistem 'Ecological-Drive Assist System' atau 'ECON System' yang membantu pengemudi untuk berkendara secara hemat.

Tak hanya hemat bahan bakar, All New Honda City juga lebih ramah lingkungan dengan emisi gas buang yang bersih dan telah memenuhi standar EURO-4, serta penggunaan komponen yang lebih ramah lingkungan. Hal ini terbukti saat INILAHCOM menjajalnya, penggunaan BBM pada mobil ini mencapai 17 liter/km.



Fitur Keamanan dan Keselamatan

New Honda City didesain dengan mengutamakan keselamatan mengemudi di beragam situasi berkendara.

Mobil ini menawarkan standar keselamatan tertinggi di kelasnya lewat fitur keselamatan seperti struktur rangka bodi dengan teknologi G-Force Control Technology (G-CON) + Advanced Compatibility Engineering (ACE), SRS Airbag penumpang depan, serta i-SRS Airbags untuk pengemudi.

Hadir pula Front 3-Point Load Limiters dengan Pretensioner ELR Seat Belt yang berfungsi menjaga tubuh tetap pada posisi serta mencegah tekanan berlebihan pada dada saat terjadi pengereman mendadak, serta ISOFIX dan Tether untuk mengunci kursi bayi pada bangku baris belakang.



New Honda City juga telah dilengkapi berbagai fitur keselamatan aktif di antaranya sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), dan Vehicle Stability Assist (VSA) yang berfungsi mencegah gejala oversteer dan understeer.

Terdapat juga fitur Hill Start Assist (HSA) yang membantu mencegah gerakan mundur sesaat ketika akan melaju kembali di tanjakan, serta Emergency Stop Signal (ESS) yang berfungsi secara otomatis menghidupkan lampu hazard ketika terjadi pengereman mendadak.

New Honda City juga disematkan fitur Brake Override System, sebuah teknologi pengereman pintar yang mendeteksi saat pedal gas dan pedal rem terinjak bersamaan dan secara otomatis memprioritaskan pada fungsi pengereman sehingga kendaraan lebih mudah dikendalikan.

Ketersediaan dan Harga

New Honda City tersedia dalam varian E, baik transmisi CVT maupun manual 5-percepatan. Terdapat pilihan warna untuk mobil ini, yaitu White Orchid Pearl, Lunar Silver Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, dan Nocturne Night Metallic sebagai warna baru.

Honda Prospect Motor (HPM) membanderol New Honda City dengan harga Rp312 juta untuk tipe E manual dan Rp322 juta untuk tipe E CVT. Harga merupakan on the road wilayah Jabodetabek dan juga BBN Mobil Pertama.



Untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen, tersedia juga aksesoris Modulo untuk New Honda City.

Konsumen pun diberikan keleluasaan untuk memilih aksesoris Modulo sesuai dengan selera untuk tampilan New Honda City yang semakin sporty. Aksesoris Modulo tersedia melalui seluruh diler resmi Honda di Indonesia dan dapat dibeli terpisah. [ikh]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar