Laman

Jumat, 28 April 2017

Melihat Evolusi Cara Berenang dari Burung Pelikan

Melihat Evolusi Cara Berenang dari Burung Pelikan

INILAHCOM, Jakarta - Burung pelikan memang mampu berenang dan menyelam dengan baik. Sebuah video terbaru di YouTube coba jelaskan proses evolusi cara berenangnya.

Saluran Deep Look di YouTube melalui video terbaru unggahannya menjelaskan bahwa pelikan telah berevolusi, terutama di cara mereka menyelam, untuk membantu mereka agar bisa bertahan.

Burung undan atau pelikan adalah burung air yang memiliki kantung di bawah paruhnya, dan merupakan bagian dari keluarga burung Pelecanidae.

Bersama burung pecuk, pecuk ular, gannet, angsa batu, dan cikalang, mereka membentuk ordo Pelecaniformes.

Pelikan modern ditemukan di semua benua kecuali Antartika. Mereka hidup umumnya di wilayah hangat, dan mereka tidak dijumpai di wilayah kutub, laut dalam, kepulauan samudera, dan benua Amerika Selatan.

Undan terkecil adalah undan cokelat (Pelecanus occidentalis) dengan massa hanya 2,75 kg, panjang tubuh 106 cm dan lebar bentangan sayap maksimum 1,83 m.

Pelikan terbesar saat ini adalah undan dalmasia (Pelecanus crispus) dengan massa 15 kg dan panjang 183 cm, dengan lebar bentangan sayap hingga 3,5 m. Undan australia memiliki paruh terpanjang di antara burung lainnya.

Pelikan adalah perenang yang baik, dengan kaki mereka yang pendek dan kuat serta berselaput.

Tonton video penjelasannya di bawah ini:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar