Laman

Jumat, 21 April 2017

Facebook Kembangkan Teknologi Ketik via Pikiran

Facebook Kembangkan Teknologi Ketik via Pikiran

INILAHCOM, San Francisco - Facebook tengah berambisi untuk mengembangkan teknologi yang memungkinkan pengguna mengetik teks dengan kekuatan pikiran. Seperti apa?

Disebut sebagai Silent Speech, teknologi ini bakal memungkinkan pengguna untuk mengetik dengan kecepatan mencapai dengan 100 kata per menit. Sebagai perbandingan, seorang pengetik profesional umumnya mampu mengetik dengan kecepatan sekitar 50-80 kata per menit.

Sebelum mencapai kemampuan ini, Facebook kabarnya bakal menggunakan target jangka pendek terlebih dulu, yaitu kemampuan untuk menerjemahkan sinyal pikiran dari pilihan ya dan tidak untuk dipakai di teknologi augmented reality.

Nantinya, teknologi ini bisa dikembangkan lebih lanjut menjadi perangkat wearable yang bisa menerjemahkan pikiran menjadi teks.

Tujuan akhir Facebook adalah bergerak melampaui bahasa tulis, karena Facebook ingin bisa menangkap emosi atau pikiran sesungguhnya dari pengguna.

Perlu dicatat bahwa proyek ini masih sebatas menangani bagian output saja, dan Facebook juga berencana untuk mengembangkan teknologi untuk menerjemahkan input di masa mendatang.

Facebook mendambakan sebuah sistem ala Barille yang akan memungkinkan pengguna 'mendengar' lewat kulit agar mereka bisa menerima pesan lalu menjawabnya tanpa bantuan layar.

Teknologi ini jelas masih sangat sulit untuk direalisasikan dengan teknologi yang ada pada saat ini, mengingat masih banyak sensor generasi baru yang perlu dikembangkan.

Untuk mempercepat proses tersebut, Facebook kini memperkerjakan lebih dari 60 orang ilmuwan dan akademisi untuk mengatasinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar