Laman

Rabu, 25 Januari 2017

HDCI Jakarta Selatan Gelar Safety Rider Training

HDCI Jakarta Selatan Gelar Safety Rider Training

INILAHCOM, Serpong - Keselamatan dalam berkendaraan motor adalah prioritas tertinggi bagi setiap bikers. Menjaga keselamatan tersebut merupakan proses dan harus dilatih setiap saat. Itulah inti acara Motorcycle Safety Rider Training 2017 yang digelar Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) pengurus cabang (pengcab) Jakarta Selatan.

Dengan memakai tempat yang berkelas dan nyaman di Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang terletak di BSD City, Serpong, Tangerang, pada Minggu, 22 Januari 2017, HDCI Jakarta Selatan selaku penyelenggara event ini telah memfasilitasi ruang bertaraf internasional untuk teori dan lokasi parkiran yg sangat luas untuk tempat praktek yang diajarkan dalam bentuk teori.

"Kami sudah merancang acara ini dari tahun lalu dimana dititikberatkan untuk mengetahui safety riding yg bisa diterapkan pada saat diatas motor," ujar Bro Ajo, Ketua HDCI Jakarta Selatan.

baca juga: Dilantik, HDCI Diminta Bantu Program Pemerintah

"Segala sesuatu yg bernilai tinggi perlu pengorbanan yang pada saatnya akan sangat berguna bagi bikers yg mengikuti maupun bagi kami sebagai penyelenggara," imbuh Bro Harry, Wakil Ketua HDCI Jakarta Selatan yg menjadi orang paling sibuk dalam menyiapkan acara ini.

Kunci utama dalam acara tersebut adalah Bro Jusri Pulubuhu sebagai Instruktur Utama dalam memberikan materi maupun pelaksanaan pelatihan di lapangan. Ia adalah pengajar andal yang sudah dipakai dari berbagai kalangan bukan hanya bikers tapi perusahaan nasional dan internasional yg memberikan perhatian khusus kepada safety riding.

Mantan pembalap motor dan mobil sekaligus orang yg berkecimpung di Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) ini juga merupakan person yang bertanggungjawab dalam bidang safety riding di kepengurusan HDCI Indonesia.



Materi teori seperti teori logika, fungsi rem, waktu reaksi, jarak tempuh, titik berhenti, sumber perlambatan, perseneling, keseimbangan, kecepatan, posisi tubuh, lintasan, dan kontrol emosi, merupakan beberapa materi yg diberikan dalam gaya dan bahasa tubuh yg profesional oleh seorang Bro Jusri yang sudah makan asam garam dunia permotoran.

Menariknya, ia mempelajari banyak hal dari kegagalan-kegagalan masa lalu dan bukan dari 'kata orang'. Di sinilah terbukti bahwa pendapat 'pengalaman adalah guru yang paling tepat' terbukti secara benar.

Acara berikutnya adalah praktik atau latihan di atas motor yang sangat berkesan bagi para bikers yang hadir. Teknik-teknik seperti pengereman mendadak, membuat putaran pendek bahkan melewati beberapa rintangan, merupakan pengalaman yang tidak terlupakan dimana dirasakan oleh para bikers yang bukan hanya dari HDCI Jakarta Selatan tetapi dari beberapa komunitas yang mempunyai beragam merek motor seperti Harley-Davidson berbagai tipe, moge Kawasaki, dan Royal Enfield.

Bahkan acara ini mendapat dukungan dari Pengurus HDCI Pusat, Pengda Jakarta , Pengcab Tangerang yang diwakili oleh para petinggi dan senior seperti Bro Harianto, Bro Banggond, Bro Sunarto, Sist Ita, dan Bro Eko. Dalam acara ini, pihak penyelenggara didukung oleh Nusantara HD sebagai salah satu agen resmi Harley-Davidson di Tanah Air.

"Pengurus HDCI baik ditingkat pusat maupun daerah sudah menaruh program safety riding menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap member HDCI dan Ketua Umum kami, Bapak Nanan Soekarna, sangat menaruh perhatian khusus bagi keselamatan anggota HDCI supaya bisa berguna bagi bikers itu sendiri, keluarga di rumah maupun bagi masyarakat dan bangsa Indonesia pada umumnya," papar Bro Ferdo Raturandang selaku humas dari panitia penyelenggara.

Harapan dari acara ini adalah menitikberatkan bahwa keselamatan adalah prioritas utama bagi para bikers dimanapun berada tanpa memandang latarbelakang dari kalangan atas maupun bawah, sekaligus membantu Pemerintah Indonesia melalui kepolisian untuk setiap bikers menjadi 'Pelopor Keselamatan'.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar