Laman

Minggu, 18 September 2016

Ternyata Air Melimpah di Mars Miliaran Tahun Silam

Ternyata Air Melimpah di Mars Miliaran Tahun Silam

INILAHCOM, Florida - Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA mempunyai bukti baru mengenai Mars. Planet yang berada paling dekat dengan Bumi itu ternyata pernah memiliki danau dan aliran air yang berasal dari lelehan salju, dan hal itu sudah ada sebelum banyaknya kemungkinan yang dikemukakan para ilmuwan.

Berdasarkan foto terbaru yang diambil dari area utara kuno Mars, peneliti menunjukkan adanya jumlah air yang cukup banyak miliaran tahun lalu. Itu berarti, mikroba yang berada di Mars memiliki waktu hidup lebih panjang dari yang pernah kita asumsikan.

"Kami menemukan sebuah aliran yang membawa air ke cekungan danau," ujar Sharon Wilson dari Smithsonian Institution seperti dilansir Science Alert.

"Sejumlah cekungan danau terisi air hingga penuh. Hal ini mengindikasikan adanya jumlah air yang lebih dari cukup di area tersebut kala itu," imbuhnya.



Wilson bersama timnya menganalisa foto terbaru dari area utara Arabia Terra di Mars. Area itu sendiri merupakan bagian tertua dari planet merah itu.

Menyamakan dengan bukti dari foto-foto tersebut dengan data yang dikumpulkan oleh Mars Global Surveyor milik NASA dan European Space Agency dari Mars Express, mereka mampu mengidentifikasi adanya evaporasi panjang dari sistem air yang membuatnya mirip dengan Danau Tahoe, danau paling besar di Amerika Utara.

"Salah satu danau yang ada di area ini memiliki kesamaan volume dengan Danau Tahoe," ujar Wilson.

Sebagai referensi, Danau Tahoe memiliki volume rata-rata sekitar 140 triliun liter air, cukup untuk menyelimuti Negara bagian California dengan ketinggian air 14 inci.

Menurut Departemen Pertanian AS, jika kita memilih untuk mengeringkan Danau Tahoe, butuh 700 tahun untuk dapat mengisinya penuh kembali. Estimasi itu yang digunakan untuk menggambarkan salah satu danau di Mars.

Berdasarkan informasi dari 22 kawah yang ada di area tersebut, tim ilmuwan mengatakan bahwa keberadaan danau-danau itu antara 2 miliar hingga 3 miliar tahun lalu. Jauh sebelum para ilmuwan berasumsi bahwa Planet Mars telah kehilangan lapisan atmosfernya dan airnya telah membeku.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar