Laman

Senin, 26 September 2016

Teleskop Hubble Temukan Planet Orbit Dua Bintang

Teleskop Hubble Temukan Planet Orbit Dua Bintang

INILAHCOM, Washington - Para astronom NASA yang menggunakan teleskop ruang angkasa Hubble kabarnya telah mengkonfirmasi keberadaan sebuah planet yang mengorbit dua bintang dalam sistem OGLE – 2007- BLG – 349 yang mana terletak 8.000 tahun cahaya ke arah pusat galaksi kita.

Planet ini mengorbit sekitar 300 juta mil dari dua bintang yang melengkapi orbitnya di kedua bintang kira-kira setiap tujuh tahun sekali.

Pengamatan yang ditunjukkan oleh Hubble merupakan pertama kalinya yang menggunakan teknik gravitasi microlensing untuk mengamati planet tersebut.

Gravitasi microlensing terjadi ketika gravitasi dari tikungan bintang latar depan menguatkan cahaya dari bintang latar belakang yang sesaat berjalan sejalan dengan itu.

 Ketajaman gambar Hubble memungkinkan tim peneliti untuk mengetahui lebih lanjut latar belakang dari dua bintang. Pengamatan Hubble menunjukkan bahwa cahaya bintang dari sistem lensa foreground terlalu samar untuk menjadi bintang tunggal tetapi memiliki kecerahan yang menunjukkan dua bintang.

Para astronom melakukan tindak lanjut pengamatan dengan Hubble Wide Field Planetary Camera 2 yang menyatakan bahwa bintang-bintang biner foreground menunjukkan sinyal yang dekat dengan dua bintang tersebut.

Sekarang tim telah menunjukkan bahwa microlensing dapat berhasil mendeteksi planet yang mengorbit sistem bintang ganda.

Via SpaceDaily



Tidak ada komentar:

Posting Komentar