Laman

Kamis, 15 September 2016

Mengapa Wallpaper Hitam Bikin Irit Baterai Ponsel?

Mengapa Wallpaper Hitam Bikin Irit Baterai Ponsel?

INILAHCOM, Jakarta - Berbagai cara dilakukan untuk menghemat baterai ponsel. Namun tahukah Anda jika dengan menggunakan wallpaper berwarna hitam bisa menghemat baterai ponsel. Apa alasannya?

Bagi banyak smartphone seperti Android dan termasuk iPhone Anda bisa menyimpan baterai dengan menggunakan latar belakang hitam. Seperti pada komputer monitor LCD, backlight iPhone terus bersinar ketika layar menyala.

Jika layar ini menampilkan warna hitam, maka sebenarnya itu adalah warna hitam yang dipancarkan oleh sumber cahaya di belakangnya.

Selain tidak memancarkan cahaya, layar LCD ini juga terkenal boros energi sehingga cepat menghabiskan baterai.

Namun, ini tidak berlaku jika Anda menggunakan perangkat mobile dengan AMOLED (juga dikenal sebagai Super AMOLED atau OLED) display.

Layar OLED tidak memiliki backlight yang solid. Setiap piksel pada layar OLED adalah organic light emitting diode yang menghasilkan cahaya sendiri. Ketika piksel berwarna hitam, tidak menghasilkan cahaya apapun. Ketika piksel berwarna putih, itu menghasilkan cahaya.

Dengan kata lain, jika Anda menggunakan latar belakang hitam pada layar AMOLED, tampilan Anda akan menghasilkan lebih sedikit cahaya. Hal ini akan membantu menghemat daya baterai, membuat daya hidup baterai lebih irit dari perangkat Anda.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar