INILAHCOM, Jakarta - Para pelaku usaha ekonomi kreatif atau Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah jantung penggerak perekonomian Indonesia. Mereka disebut-sebut memberikan kontribusi serta andil bagi badan usaha dan penyerapan tenaga kerja secara nasional.
Sebagai upaya dalam mendorong UKM, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bekerjasama dengan Bukalapak memberikan pelatihan bertajuk Pengembangan Pemasaran Karya Kreatif Melalui Media Online kepada para UKM.
Pelatihan yang digelar di enam kota di Indonesia yaitu Bali, Semarang, Yogyakarta, Pontianak, Palembang, dan Malang. Berlangsung mulai 23 September hingga 18 Oktober 2016, pelatihan ini melibatkan mentor dari Bukalapak dengan materi cara memasarkan dan mempromosikan produk dan jasa kreatif dengan memanfaatkan platform marketplace di antaranya Tips Foto Produk, Copywriting, dan Promosi.
Rahmat Danu Andika, Head of Business Partner Bukalapak dalam keterangan resminya mengungkapkan, BEKRAF bersama dengan Bukalapak menggagas pelatihan ini dengan tujuan memfasilitasi pelaku usaha ekonomi kreatif di berbagai kota di Indonesia.
"Di tengah kemajuan era teknologi, para pelaku usaha harus mampu membidik peluang secara tepat dalam memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan pemasarannya agar menjangkau pasar yang lebih luas, dengan melibatkan marketplace yang telah dianggap cukup berhasil. Dengan begitu, kualitas pelaku usaha ekonomi kreatif kita akan semakin baik sehingga mampu bersaing di pasar ASEAN maupun global," ujar Rahmat
Ia menyebutkan, Bukalapak saat ini sudah memiliki penggerak pelapak yang tersebar di 130 daerah di Indonesia. Pengerak Pelapak bertugas untuk menjaring jumlah pelapak baru, meningkatkan penjualan online para pelaku UKM, serta meningkatkan kualitas pelapak baru agar dapat bersaing di pasar online, serta pembinaan kepada para pelaku UKM.
"Di samping itu, Bukalapak juga memiliki anggota komunitas yang telah tersebar di lebih dari 30 kota di Indonesia. Dengan begitu pembinaan UKM di daerah-daerah diharapkan dapat semakin terintegrasi," jelas Rahmat
Melalui program ini, BEKRAF dan Bukalapak terus mendorong para pelaku usaha mikro di bidang ekonomi kreatif memperluas pasar untuk kreasinya dengan signifikan. Pelatihan ini juga merupakan inisiatif bersama antara BEKRAF dan Bukalapak untuk terus mengedukasi dan mendampingi para pelaku usaha ekonomi kreatif agar dapat memiliki daya saing.
Diharapkan, inisiatif ini akan memperkuat promosi dan publikasi produk dan jasa kreatif dalam negeri di Indonesia maupun Internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar