INILAHCOM, Jakarta - Untuk pertama kalinya Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) akan menghadirkan dua pameran otomotif, sebagai bukti kontribusi dan dukungan terhadap perkembangan industri otomotif di Indonesia.
Dua pameran itu adalah GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 dan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.
GIICOMVEC 2018 merupakan pameran berkonsep business to business (BtoB) yang fokus pada industri kendaraan komersial, yang akan berlangsung pada 1-4 Maret 2018, di Jakarta Convention Center (JCC). Sedangkan GIIAS 2018 merupakan ajang pameran otomotif tahunan bertaraf internasional yang akan kembali hadir pada 2-12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.
Penyelenggaraan perdana GIICOMVEC 2018 akan didukung oleh para Agen Pemegang Merek (APM) ternama seperti Daihatsu, DFSK, Hino, Isuzu, Iveco, MAB (Mobil Anak Bangsa), Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, UD Truck, United Tractors, Toyota serta Volvo akan menghadirkan produk unggulannya masing-masing brand di GIICMOVEC 2018.
Kehadiran produk-produk unggulan dari brand kendaraan komersial di GIICOMVEC 2018 diharapkan semakin mendorong pertumbuhan industri kendaraan komersial, dimana catatan penjualan truk dan double cabin di tahun 2017 meningkat hingga 45 persen dari tahun 2016.
Menurut Ketua Umum GAIKINDO Yohannes Nangoi, para APM telah menunjukan konsistensinya dalam mengembangkan bisnis kendaraan komersial.
"Para APM kendaraan komersial telah melakukan berbagai inovasi untuk terus meningkatkan kualitas kendaraan yang diproduksi. Semakin berkembangnya proyek-proyek infrastruktur, produktivitas logistik, distribusi dan perdagangan di Indonesia, mendorong para produsen kendaraan komersial untuk terus berinovasi dan memenuhi kebutuhan kendaraan komersial konsumen," ujar Nangoi kepada wartawan di Jakarta, Selasa (6/2/2018).
Dia juga menyatakan bahwa GAIKINDO merancang secara khusus GIICOMVEC 2018 sebagai pameran business to business yang akan menampilkan inovasi terkini dari para produsen kendaraan komersial.
Peluncuran Berbagai Tipe Kendaraan Komersial
Tingginya permintaan, memberikan peluang bagi para APM Kendaraan Komersial di Indonesia untuk terus berinovasi, dan pameran GIICOMVEC 2018 akan menjadi ajang tepat bagi para APM kendaraan komersial di Indonesia untuk memperkenalkan berbagai teknologi dan produk terbaru yang dapat semakin mendukung perkembangan industri dan memudahkan bisnis para konsumennya.
Rizwan Alamsjah, Ketua III GAIKINDO yang membawahi bidang pameran, mengatakan bahwa penyelenggaraan perdana GIICOMVEC di tahun ini akan menjadi ajang peluncuran bagi tidak kurang dari enam jenis kendaraan komersial baru dari peserta pameran.
"Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami, bahwa berbagai brand kendaraan komersial di Indonesia, menyatakan secara resmi untuk melakukan peluncuran dan memperkenalkan produk dan teknologi terkininya pada pameran GIICOMVEC 2018," ungkap Rizwan.
Enam brand kendaraan komersial, yakni Isuzu, Iveco, Mercedes-Benz, Suzuki dan Volvo, akan melaksanakan peluncuran kendaraan komersial tipe terbaru, serta Mitsubishi FUSO yang akan melakukan pre-launching kendaraan terbarunya di GIICOMVEC 2018.
Dijadikannya GIICOMVEC 2018 sebagai panggung launching kendaraan komersial membuktikan eksistensi kendaraan komersial di Indonesia yang kian meningkat.
Selain kendaraan komersial, GICOMVEC 2018 juga akan diikuti oleh industri pendukung terkait mulai dari industri karoseri Tanah Air, seperti Adiputro, Laksana, Shinmei, Sugity Creatives, serta industri pendukung lainnya seperti ADR Group, Alcoa wheel, Astraotoparts, BG Product, Dunlop, Esmak Makine, Evalube, Gajah Tunggal, Goodyear, Himawan Putra, Pro7 Auto Lighting, dan lainnya.
Program untuk Buyers
Diharapkan sebanyak 3.000 buyers potensial dari berbagai industri bakal menghadiri GIICOMVEC 2018. Mereka ditargetkan akan datang dari industri transportasi, logistik, konstruksi dan infrastruktur, komoditas migas dan non-migas, termasuk batubara, minyak dan gas serta peternakan, kehutanan, retail, wholesaler, dan lainnya.
Tak hanya menghadirkan kendaraan jenis baru, namun dalam penyelenggaraannya GIICOMVEC akan menghadirkan berbagai program untuk buyers, seperti Daily Seminar & Talkshow, Buyers & Exhibitors, Network Gathering, serta Bus & Truck Demo Area, dimana para APM akan mendemonstrasikan keunggulan produknya secara langsung dan para buyers akan mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung teknologi unggulan dari para merek.
Program Bus & Truck Demo Area akan berlangsung pada area khusus di area outdoor dari JCC.
Rizwan pun menekankan pentingnya program-program khusus yang didedikasikan untuk para buyers.
"Kami ingin memberikan nilai lebih untuk para potential buyes di GIICOMVEC, salah satunya adalah program Bus & Truck Live Demo Area dimana para peserta akan mendemonstrasikan teknologi pada kendaraannya dan para buyers bisa melihat dan bertanya langsung tentang fitur kendaraan komersial yang sesuai dengan kebutuhannya langsung dari perwakilan APM," jelas Rizwan.
Untuk memberikan akses yang lebih mudah bagi para potential buyers, GIICOMVEC 2018 membuka visitors pre-registration pada official website GIICOMVEC 2018 hingga tanggal 26 Februari 2018.
Dengan melakukan pre-registration para visitor akan mendapatkan beberapa keuntungan, visitor lebih dulu menerima informasi update tentang GIICOMVEC 2018 melalui e-newsletter, memudahkan dan menghemat waktu agar visitor dapat memasuki area pameran tanpa harus mengantri dan mendaftar, hingga hadiah spesial yang dipersiapkan untuk visitor yang beruntung.
Dukungan Penuh untuk GIIAS 2018
Adapun GIIAS 2018 akan mendapatkan dukungan langsung dari OICA (Organisation Internationale des Constructeurs d’Automobiles), yang berarti pada tahun ini pameran tersebut akan mendapatkan lebih banyak perhatian dari internasional. Sehingga GAIKINDO akan menghadirkan GIIAS 2018 dengan penyajian yang lebih baik dari segala sisi.
GIIAS 2018 juga akan didukung penuh oleh para APM dan industri pendukung otomotif. Hingga Januari 2018 tercatat sebanyak lebih dari 111 merek menyatakan partisipasinya, termasuk di antaranya 21 merek passenger cars dan tujuh merek commercial vehicle, yang terdiri dari Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta dari commercial vehicle yakni FAW, Hino, Isuzu, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar