Laman

Selasa, 24 Januari 2017

Trumps Temui Pimpinan 3 Produsen Mobil Terbesar AS

Trumps Temui Pimpinan 3 Produsen Mobil Terbesar AS

INILAHCOM, Washington - Presiden AS Donald Trump bertemu dengan pimpinan dari tiga produsen mobil terbesar di AS, menyusul beberapa kali kecamannya terhadap perusahaan-perusahaan itu atas produksi mereka di luar negeri.

Pemimpin General Motors (GM), Fiat Chrysler, dan Ford menghadiri perundingan dengan Trump, Selasa (23/1/2017) waktu setempat, ujar juru bicara Gedung Putih Sean Spicer dalam konferensi pers.

"Trump ingin mendengar ide-ide mereka dan cara bagaimana kami bisa bekerja bersama untuk membuka kembali lebih banyak lapangan kerja ke dalam industri ini secara khusus," kata Spicer, seperti dilansir AFP.

Pertemuan itu menyusul tawaran baik dari sejumlah produsen mobil AS dan global, yang memainkan upaya mereka untuk menciptakan lapangan kerja dan berinvestasi di AS, setelah Trump secara terbuka mengancam mereka dengan bea impor cukup besar karena menjual mobil-mobil buatan asing di pasar dalam negeri.

Ford membatalkan rencana pembangunan pabrik senilai US$1,6 miliar atau sekitar sekitar Rp21,3 triliun di Meksiko untuk mengalihkan investasi ke AS. Sementara GM mengumumkan investasi senilai US$1 miliar atau sekitar Rp13,3 triliun untuk menciptakan sampai 5.000 pekerjaan, dan Fiat Chrysler juga mengumumkan investasi US$1 miliar agar dapat menciptakan 2.000 lapangan kerja.

Trump pada Minggu (22/1/2017) menegaskan janjinya untuk menegosiasi ulang Kesepakatan Perdagangan Bebas Amerika Utara atau North American Free Trade Agreemen (NAFTA) yang dapat membantu mendorong investasi industri mobil di Meksiko.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar