INILAHCOM, Jakarta - Fenomena menyiarkan konten secara langsung saat ini semakin menjamur di Indonesia.
Siaran langsung tak lagi menjadi hak milik siaran televisi, tetapi juga dapat dilakukan oleh siapapun melalui media sosial dan aplikasi yang terkoneksi dengan internet.
Berbagai aplikasi saat ini sudah menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk dapat menikmati siaran live streaming. Semakin cepatnya koneksi internet dan kecanggihan smartphone berkontribusi besar terhadap perkembangan live streaming di Indonesia.
Tingkat penetrasi aplikasi live streaming di Indonesia terus bertumbuh dan menunjukan perkembangan positif.
Contohnya, merujuk pada performa salah satu aplikasi live streaming penyedia konten khusus untuk bermain game dan eSport, yaitu Nimo TV.
Dari September hingga Oktober 2018, Nimo TV mencatat pertumbuhan total pengguna sebanyak 300 persen secara global dengan mayoritas pengguna baru tersebut adalah pengguna aktif.
Pertumbuhan yang terjadi secara signifikan ini tentu hanyalah permulaan karena pasar Indonesia dalam industri live streaming masih memiliki banyak ruang untuk bertumbuh.
Fenomena peningkatan antusiasme untuk menikmati konten layanan berbasis live streaming khusus untuk konten game dan eSport juga tercermin dari meningkatnya antusiasme masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi konten tersebut di dunia nyata.
Berkaca pada Oktober lalu, terdapat dua event besar kompetisi eSport yang penyelenggaraannya didukung oleh pemerintah dan pembukaannya dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, yaitu Grand Final South East Asia Cyber Arena dan kualifikasi World Electronic Sports Games di Mal Taman Anggrek, serta PUBG Indonesia National Championship di Sportsmall Kelapa Gading, Jakarta.
Terkait dengan meningkatnya minat publik terhadap layanan live treaming di atas, khususnya untuk konten game dan eSport, Nimo TV menyelenggarakan kegiatan Nimo TV Super Weeks di aplikasi Nimo TV dan sosial media Nimo TV.
Kegiatan ini dimulai pada 19 November hingga 2 Desember 2018 dan informasinya dapat dilihat di akun Instagram @nimotv_id dan Facebook nimotvid.
Berkaitan dengan kegiatan ini, Head of Marketing Nimo TV Kevin Raharja menjelaskan bahwa pihaknya akan memberikan apresiasi kepada setiap pengguna layanan Nimo TV --khususnya kepada pengguna baru-- dengan berbagi hadiah, mulai dari perlengkapan bermain game, laptop, konsol permainan PS4 dan Nintendo Switch, hingga permainan yang baru rilis, seperti Football Manager 2019 dan Red Dead Redemption 2.
"Nimo TV Super Weeks merupakan kesempatan yang baik bagi komunitas pencinta gim untuk dapat merasakan serunya berinteraksi di Nimo TV sekaligus untuk mendapatkan banyak kejutan hadiah menarik. Untuk merasakan layanan tersebut, Nimo TV saat ini sudah dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store," ujar Kevin dalam siaran pers yang diterima INILAHCOM.
Nimo TV Super Weeks merupakan kegiatan pemasaran berbasis in-app dan sosial media pertama yang dilakukan Nimo TV sebagai tanda terima kasih atas dukungan dari pengguna setia Nimo TV Indonesia.
"Perkembangan industri live streaming di Indonesia saat ini mulai menggeliat berkat dukungan penuh pemerintah dan masyarakat Indonesia. Khusus untuk konten game dan eSport yang menjadi konten layanan utama Nimo TV, kehadiran Nimo TV ternyata cukup diapresiasi oleh masyarakat terlihat dari pertumbuhan pengguna Nimo TV yang cukup pesat," papar Kevin.
"Hal ini sejalan dengan komitmen kami, yaitu untuk memberikan dampak positif yang luas terhadap perkembangan komunitas dan industri game dan eSport di Indonesia," pungkas dia.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar