Laman

Minggu, 22 Juli 2018

Penjualan Floppy Disk Melonjak di 2018

Penjualan Floppy Disk Melonjak di 2018

INILAHCOM, Jakarta - Floppy disk memang sebuah medium penyimpanan file yang sudah usang, namun peminatnya masih banyak. Laporan terbaru menyatakan penjualannya justru meningkat di 2018.

Rolling Stone dan CBC melaporkan kalau penjualan floppy disk (dalam skala pasar mikro) telah meningkat di AS. Dilaporkan bahwa pada tahun 2017 ada sekira 170 keping floppy disk yang terjual tiap tahunnya; kecil memang, namun itu merupakan progres dari tahun-tahun sebelumnya.

Cakram flopi atau floppy disk, adalah media disket penyimpanan terdiri dari media penyimpanan magnetis tipis dan fleksibel, disegel dalam plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Cakram flopi populer disebut sebagai disket.

Disket berukuran 5,25 inci (133 mm) dan 3,5 inci (90 mm) adalah bentuk standar dari alat penyimpan data ini yang berkembang sejak pertengahan 1970-an hingga 2000-an. Sejak tahun 2010, motherboard komputer jarang diproduksi dengan dukungan media floppy drive.

Disket yang hanya memiliki kapasitas 1,44MB dan kegunaan terbatas, khususnya dalam komputer industri, telah digantikan oleh metode penyimpanan data dengan kapasitas yang lebih besar, seperti USB flash drive, portable hard disk drive eksternal, cakram optik, kartu memori dan jaringan komputer.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar