Laman

Jumat, 17 November 2017

Toshiba Jual Bisnis TV ke Hisense Rp1,5 Triliun

Toshiba Jual Bisnis TV ke Hisense Rp1,5 Triliun

INILAHCOM, Tokyo - Salah satu raksasa elektronik Jepang, Toshiba, kabarnya siap menjual unit bisnis televisi mereka ke perusahaan elektronik asal China, Hisense.

Nikkei Asian Review melansir, Toshiba akan melepas 95 persen sahamnya di Toshiba Visual Solution sebesar 12,9 miliar yen atau sekitar Rp1,5 triliun.

Penjualan ini disetujui setelah Toshiba sepakat untuk melepas beberapa unit bisnis yang dianggap bukan bisnis utama.

Toshiba melaporkan bahwa ekuitas unit bisnis televisi mereka berada pada angka negatif, yakni 11,7 miliar yen atau sekitar Rp1,4 triliun pada akhir Maret lalu.

Dengan keputusan ini, Toshiba akan mampu mencatat kenaikan sebesar 25 miliar yen atau sekitar Rp3 triliun, untuk tahun fiskal berjalan yang akan berakhir pada Maret 2018.

Unit bisnis televisi Toshiba telah memproduksi sekitar 700 ribu pesawat televisi selama tahun fiskal yang berakhir pada Maret 2017. Pada periode tersebut, Toshiba meraup pendapatan 43,7 miliar yen atau Rp5,2 triliun, dan kerugian senilai 6,137 miliar yen atau sekitar Rp736 miliar.

Juru bicara Toshiba mengatakan, kesepakatan penjualan bisnis ini tidak termasuk 700 karyawan Toshiba. Ketentuan ini akan mulai berjalan pada awal Februari 2018 nanti.

Saat pengumuman ini dibuat, nilai saham Toshiba naik 4,7 persen di perdagangan Tokyo, sedangkan saham Hisense justru melemah ke angka 2,4 persen di bursa Shanghai.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar